Sabtu, 30 Januari 2010

Membangun Jaringan WAN

Memulai pembuatan WAN adalah alat yang digunakan untuk dirumah client yaitu:
1.Antena Grid.
2.Radio Senao.
3.Kabel Pigtail.
4.Dan Peralatan Untuk Pemasangan.
Pada Saat antenna Grid dan Radio Senao dilakukan dulu yang namanya "POINTING". Pointing ini seperti mengarahkan antara antena grid yg satu dengan antena grid yang lain sehingga saling berhadapan untuk mendapatkan signalnya sehingga bisa melakukan akses internet.
Kemudian dari radio untuk ke switch bawah di pasang yang namanya "POE" ini dilakukan karena diatas pipa untuk pemasangan antena grid tidak terdapat sumber listrik sehingg adaptor radio senao tidak bisa dipasang.
POE merupakan alat untuk menginjeksi arus D/C melalui kabel UTP, dimana arus D/C tersebut dibutuhkan untuk mengidupkan Radio. Tanpa POE anda harus menyediakan kabel listrik sepanjang kabel UTP.
Kurang ekonomis dan riskan tersengat listrik. Jika kabel UTP yang dipasang ke tower sepanjang 50 meter, maka anda harus membeli kabel listrik sepanjang 50 meter pula, selain faktor biaya, yaitu resiko tersambar petir lebih tinggi karena ada arus A/C diatas tower/tiang. Dengan POE anda tidak memerlukan kabel listrik lagi, sehingga anda bisa menghemat biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar